Rabu, 09 November 2011

Buat karakter kartunmu sendiri


katunisasi karakter wajah
Belakangan ini meulai trend menampilkan foto wajah dalam format kartun. Baik itu avatar untuk forum, foto profile blog, ataupun pofil di social networking seperti Friendster, MySpace, dan FaceBook. Gak tahu pasti kenapa yang jelas banyak orang merasa keren dengan memajang foto wajah versi kartun. Mungkin karena kurang percaya diri dengan wajah aslinya merasa lebih keren dan sedang trend menggunakan gambar kartun vektor. Umumnya ini bisa dibuat dengan menggunakan gabungan Adobe Photoshop dan Ilustrator. Namun bagi yang skill dibidang tersebut cekak maka bisa memanfaatkan jasa situs penyedia kartun generator (Cartoonizer).


Dengan menggunakan jasa situs converter wajah menjadi kartun berikut ini akan memudahkan kita mengkonvert ini wajah menjadi kartun. Jadi kita gak usah lagi repot-repot beli buku tutorial atau menyewa designer imaging hanya untuk sekedar mengkonvert dan memoles wajah menjadi kartun. Berikut 11 website tempat kita bisa membuat wajah karakter kartun kita sendiri. Yang perlu kita lakukan hanyalah meng-upload foto asli untuk dikonvert atau ada juga yang dengan mencocokkan per elemen wajah dan tubuh (hidung, mulut, warna kulit, leher, de el el.).

Portrait Illustration Maker.


Illustration maker
Portrait Illustration Maker adalah sebuah layanan penyedia icon-icon karakter secara gratis. Cukup pilih dan buat karakter sesuai keinginan kemudian klik kanan dan "Save Picture As.." untuk mendownload ke hardisk.

WeeWorld


WeeWorld
Sebenarnya di sini kita bisa membuat karakter kartun untuk diri kita yang digunalan dalam game WeeWorld (WeeMee). Namun selain itu kita juga bisa meng-export hasilnya dan mendownloadnya ke hardisk untuk digunakan di website lain, forum, danblog.

Meez


meez
Meez adalah sebuah website social entertainment yang membolehkan penggunanya untuk membuat karakter mereka sendiri berupa animasi avatar. Sering juga disebut sebagai gambar "3D I.D." yang bisa digunakan secara umum, untuk memainkan game dengan avatarnya, dan untuk dipakai di ruang-ruang social network seperti Facebook.

Simpsonize Me


simpsonize character
Sebuah website yang bisa memoles, permak, dan mengkonvert wajah menjadi karakter berwajah khas kartun terkenal Simpson.

Yahoo! Avatars.


Yahoo avatars
Membuat avatar ala Yahoo.

Be Funky


BeFunky

Buscar Messenger


Buscar Messenger
Buat wajah-wajah kartun seperti yang dipakai di blog Cosaaranda untuk tiap komentatornya.

Cartoon Me


CartoonMe
Cartoonize your self.. katanya sih. Pokoknya kita tinggal melakukan upload foto maka situs ini akan mengkartunisasi wajah kita. Terakhir kali nyoba sih emang hasilnya bagus tapi berbayar sekitar $3/wajah.

Joysticq Mii characters


Mii characters
Sebenarnya untuk membuat karakter Mii tapi tetap hasilnya bisa digunakan di mana saja.

MyPlay


My Play
Sejauh ini merupakan sebuah layanan kartunisasi yang paling keren dan trendy plus gratis. Sayangnya masih menggunakan bahasa Taiwaneese, hayo buat yang paham bahasa mandarin situs ini layak dicoba.

South Park Studio


South Park
Untuk para fans southpark. Sekarang sudah bisa menjadikan karakter South Park untuk setiap orang.

Review dikit nih. Dari kesemua situs tersebut yang hasilnya paling bagus dan memuaskan adalah Cartoon Me. Sayangnya gak gratis, namun pembayaran cukup mudah koq pakai PayPal. Tapi kalo mau cari yang gratisan maka yang pertama yang lumayan sip. Hanya saja kita harus sering berkaca dan menghafal betul tipical karakteristik wajah kita sendiri agar bisa mencocokkan.

Artikel ini bersumber dari Hongkiat.

*UPDATED- Cartoonized - Face Cartoonization


Cartoonized
Wah, layanan yang satu ini buatan orang Indonesia loh. Ikut bangga donk seharusnya. Hasilnya cukup bagus dan memuaskan. Contoh hasil kartunisasi bisa dilihat di websitenya. Layanan ini tidak gratis tapi bisa dibayar dengan Rupiah dan cukup terjangkau.

1 komentar: